Rabu, 21 Desember 2011

Setelah Gagal SNMPTN: Masuk Perguruan Tinggi Swasta atau Jalur Nonreg?

Mulai malam ini melalui internet para peserta SNMPTN dapat melihat hasilnya. Bagi yang lulus maka “sukses”, seperti yang disampaikan Mendiknas, sudah ada di depan mata. Tinggal mengikuti perkuliahan dan menjadi alumni. Lalu bagaimana mereka yang tidak lulus? Mungkinkah mereka bisa menggapai “sukses”?
Bagi mereka yang tidak lulus, ada 3 pilihan yang bisa dipertimbangkan.
1. Mereka bisa menganggur satu tahun dan mengikuti les komputer dan Bahasa Inggris. Pilihan bijak ini bisa diambil jika kita dari keluarga menengah ke bawah.
2. Mereka bisa mempertimbangkan untuk mengikuti Seleksi Penerimaan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Jika punya uang lebih maka PTS mahal bisa dipilih, tetapi jika uang sedikit maka PTS “murah” jadi pilihan. Beberapa PTS di Kota besar tidak kalah dengan PTN di kota tersebut.
3. Mengikuti seleksi non-reg di PTN ternama. Jalur masuk ini bisa dikatakan sebagai kampus negeri biaya swasta. Secara akademis kita dapat hal yang sama, tetapi bayar SPP bisa 2x sampai 4x lipat.
Tiga pilihan di atas bisa diambil jika kita mau tetap kuliah. Nah, jika tidak maka pilihan lain yang bisa diambil adalah bekerja. Tetapi pada kebanyakan orang jika wanita tidak lagi melanjutkan perkuliahan maka akan dikawinkan.
Manakah pilihan yang terbaik untuk anda, saudara, dan bahkan mungkin anak anda? Kalau saya syukurnya almamater PTN.
Salam menentukan pilihan.
OPINI | 29 June 2011 | 20:56 139 10 1 dari 1 Kompasianer menilai aktual 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar